Lika-liku Jobseeker - Nestle Management Trainee

Wednesday, December 04, 2013

Haloo, daripada posting tentang galau terus mending review pengalaman mencari kerja yang
gue alami semenjak lulus kuliah.
Jujur hampir semua yang gue ikutin adalah program Management Trainee haha dan satu kata : SUSAH BANGET.
Mari kita lihat yang sudah gue jalanin :

1) Nestle Management Trainee 2013
  NMT 2013 adalah perusahaan pertama yang gue apply, sangat excited untuk bisa keterima disini karena Nestle merupakan salah satu FMCG company terbesar di Indonesia terus produknya makanan lagi hahaha.
Berikut tahapan yang udah gue laluin di Nestle :
a) Apply CV
   Download form dari website Nestle terus kirim ke email HR. Abis itu kalo lolos akan diundang roadshow

b) Roadshow + 3 Minutes Pitching
  Yeaay seneng banget pas tau ternyata lolos buat datang ke roadhow. Waktu itu roadshownya di Balai Sidang UI dan penuuuh banget yang dtg ada kali yah sampe 800an orang gitu. Ada presentasi dari pihak Nestlenya terus abis itu ada 3 Minutes Pitching. Intinya tes ini sih nguji bahasa inggris dan tingkat pede kita aja. Jadi usahain ngomongnya yang jelas dan tepat waktu, gue sih waktu itu ga nyampe 3 menit tapi Alhamdulillah lolos hehe. Sorenya diumumin siapa yang lanjut ke tes Psikotest besok.

c) Psikotest
  Test psikotesnya termasuk sedikit dan mudah kok. Cuma yang logika verba dan sedikit soal hitungan. Selesai tes ada tugas selanjutnya yaitu bikin 1 slide presentasi tentang diri sendiri yang akan dipakai buat interview selanjutnya gitu.

d) Assesement Centre ( 26 Juni 2013)
  Selang 2 minggu dari Psikotes kemudian yang lolos akan dapat email untuk ikut tahap Assesment Centre. Di tahap ini ada Focus Group Discussion sm HR Interview. Kebetulan gue sekelompok FGD sama salah satu public figure yang udah outstanding bgt prestasinya dan itu ngebuat agak minder sih haha. Setelah FGD kita nunggu bentar terus dipanggil satu-satu untuk HR Interview. Interviewnya full english , pertanyaannya seputar pengalaman organisasi, magang terus SWOT juga. Ditanya juga kenapa milih Nestle dan kenapa milihnya fuction Commercial which is Sales & Marketing. Intinya sih lo harus bisa explain dengan jelas dan harus dengan gaya yang meyakinkan bahwa lo layak untuk jadi NMT. :)

e) User Interview ( 24 Juli 2013)
  Setelah Assesment Centre awalnya gue udah rada pesimis apakah gue akan lolos ke tahap selanjutnya ditambah lagi temen gue udah ada yang ditelfon untuk User Interview. Eh tapi Alhamdulillah, gue dapat telfon dari Nestle untuk ikutan tahap berikutnya. Deg-degaaan banget pastinya karena ini pertama kalinya User Interview dan akan Full English. Di Interview ini gue presentasi slide yang waktu itu disuruh bikin dan ada tanya jawab sama Usernya yaitu 3 orang dari business unit yang berbeda-beda. Lucunya karena di slide gue ada tulisan mandarin, gue sempet disuruh untuk ngomong bahasa Mandarin hahaha. Interviewnya lumayan lancar walaupun gue juga nervous banget.

Ada jedaa yang cukup lama banget dari User Interview ke tahap selanjutnya. Disitulah kesabaran gue diuji banget, karena beberapa temen gue udah dapat kepastian either disuruh medcheck ataupun dapat regret letter. Tapi gue ga dikasi kabar sama sekali, padahal udah coba email dan telfon orang HRnya berkali-kali.
Kalau menurut jadwal, program NMT 2013 akan dimulai pertengahan Agustus jadi ketika udah lewat bulan Agustus gue pun merelakan bahwa gue gak lolos.

Tiba-tiba awal bulan September ( lamaa banget kan ) , gue ditelfon untuk diproses ke tahap selanjutnya yaitu Interview with Director tapi sempat diselingi sama Medcheck karena programnya akan mulai Oktober jadi gue disuruh Medcheck dulu baru Interview with Director.

f) Medical Check Up
  Sempet norak banget karena pertama kali medcheck selama hidup haha. Tapi ternyata ga seseram itu yah, paling yang sempat deg-degan itu pas periksa jantung. Oiya sampel yang diambil selain darah dan urine juga ada feces loh.

g) Interview with Director ( 25 September 2013)
 Ini nih ujung tombak perjuangan selama ini haha. Salahnya gue adalah gue ga prepare dengan maksimal, gue sempat mikir bahwa interview ini cuma akan ngaruh sedikit karena toh gue sudah medcheck. Ternyata salah pemirsa, ini adalah penentuan apakah gue layak atau engga. Proses interviewnya cuma 25 menit tapi itu adalah salah satu wawancara paling memalukan dalam hidup gue haha. Lesson learnednya adalah ga boleh bohong saat interview dan jangan pernah anaggap remeh proses apapun.

Sehabis interview bahkan gue nangis karena gue tau gue udah failed banget.
Dan bener seminggu berikutnya i've got the Regret Letter :((.
Overall proses NMT 2013 adalah proses pembelajaran yang berarti banget buat gue. Pertama kalinya gue FGD, User Interview dan bahkan BOD Interview. :)
Alhamdulillah banget bisa melalu semua proses dengan hasil perjuangan diri sendiri, mungkin memang Nestle bukan perusahaan yang tepat buat gue. Gue yakin pasti ada hikmah dari semuanya :)

PS : For Mr WS, i'm sorry i couldnt fulfilling your expectation Sir. You give such a big insight for me ! I'll prove that i'm qualified enough to work with you someday :")

You Might Also Like

15 comments

  1. Halo ifalifa. Are you still a job seeker? Or you've got the job you want? :)) gue mau tanya nih, FGD nestle itu in english juga ya? thanks for sharing, girls ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Karra !. Nope alhamdulillah i already got my dream job hehe. FGD Nestle itu supposed to be in English tapi waktu itu asesor pas grup aku ngizinin pake Bahasa Indonesia. Goodluck yaa ! :)

      Delete
    2. Thank you. Wish me luck and may I get my dream job soon! Aamiiin :)

      Delete
  2. hallo ifalifa salam kenal. mau tanya kemarin kamu berapa lama ya dr test tahap pertama sampai tahap terakhir?
    karena saya dapat panggilan MT Nestle dan dituliskan jadwalnya total lamanya test hanya kurang lebih 2 minggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Christina ! Salam kenal juga. Aku waktu itu tes tahap pertama sekitar Mei akhir dan tahap terakhir itu bulan September. Iya harusnya mgkn seluruh tahapan itu cm 1 bulan. Tp trkdg ngaret dan kdg2 ada tes tambahan. Sukses yaa untuk seluruh tahapan tesnya ! :)

      Delete
  3. Mau tanya....bisa ga ikut roadshow langsung on the spot...soalnya ga dpt invitation emailnya? Mohon infonya,,,,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo tyas, maaf baru bls ya. Hmm setauku bisa kok nanti cv kamu akan dilihat dulu sebentar kalo lolos short screening baru bisa masuk. Goodluck ya :)

      Delete
  4. halo ifa, thanks for sharing, mau nanya dong, waktu interview sama director itu emang ditanya apa aja ya? kenapa bisa sampai gagal gt? maksudnya apa aja yang harus disiapin? maaf bgt ya banyak nanya, he, thanks alot :)

    ReplyDelete
  5. Hay ifa..
    Untuk interview sama director nya kemaren ditanya apa aja?
    Aku lolos tahap itu tp worry bgt sama english ku, hiks

    ReplyDelete
  6. Terkadang kit ajug aditanyakan pertanyaan yang tidak masuk akal, saya pernah disuruh menynayi dalam bahasa Inggris oleh Orang Maerika waktu Interview kerja,.. aneh kan

    ReplyDelete
  7. saya lulusan tahun kemaren, tapi sampai belum dapat kerjaan katanya CV itu hal yang menentukan untuk dipangguil wawancara kerja.. Kalau buat CV yang formal atau yang sedikit gaul. prefer yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey Ratna, thank you for visiting my blog. CV ngaruh banget, tapi menurutku CV formal cukup kok asalkan informasinya jelas dan menarik :)

      Delete
  8. Informasinya sangat bermanfaat, persiapan sejak perkuliah jarang diperhatikan oleh banyak orang

    ReplyDelete
  9. halo kak aku bingung kadang kalo ada pertnyaan centang pekerjaan yang kamu inginkan ? nah kalo NMT kan marketing sedangkan misal background kita analis lab, nah gtu sebaiknya centang 2 pilihan (marketing dan teknis) atau satu pilihan marketing aja kan lagi nglamar bagian marketing . makasi ya kak

    ReplyDelete

Proud To Be Part Of

My Ultimate Support System

My Ultimate Support System

I'M PART OF

Blogger Perempuan