Lika-liku Jobseeker- Coca Cola Graduate Trainee Programs

Tuesday, December 17, 2013

Haloo, another story of my process to get my dream job haha.
While waiting the news from Nestle, i was applying on some of companies
And one of the memorable is on :





Yup ! CCA atau Coca Cola Amatil
Di CCA ifa apply untuk Graduate Trainee Program 2014 dan milih function Sales-Marketing ( pastinya, hehe)
Berikut urutan proses seleksi Graduate Trainee Programs :

1) Apply dan Isi Form Pendaftaran
  Waktu itu gue applynya pas Kompas Karier Fair tetapi pas di UI Job Fair ada lagi dan ternyata memang        lebih cepat diproses kalo lewat Job Fair dibanding kirim email ( my opinion aja ya )

2) Phone Interview
   Ini salah satu tahapan paling unik karena di company lain ga ada hehe, jadi kalo lolos screening CV nanti bakal ditelfon sama HRDnya buat Phone Interview daan pake English. Pas ditelfon gue lagi di SD Rawasari dan sebenernya ga ada persiapan sama sekali hehe, but luckily i directly invited to come to the next step which is LGD dan GAT

3) LGD & GAT
  Pas tahap ini gue barengan sm sahabat kuliah dan bodohnya adalah kita salah estimasi waktu jadi harusnya ikut sesi yang jam 8 tapi sampe jam 8.30 pun kita masih kena macet di jalan. Untungnya HRD CCA baaiik banget akhirnya diizini untuk ikut sesi yang jam 13.00. Ada  sekitar 15 orang dan langsung dibagi 2 kelompok buat LGD, casenya ga terlalu sulit dan satu catatan adalah LGDnya with ENGLISH. Jadi harus diprepare dengan baik ya supaya selama diskusi ga diam gitu. Setelah LGD, kita disuruh keluar sebentar trus 15 menit kemudian diumumin siapa yang lolos ke GAT. Sempet deg-degan sih tapi ternyata lulus! Horee hehe dan habis itu langung ngerjain GAT . FYI, CCA ini modal banget karena GAT lgsg dibukunya gitu bukan di kertas kayak waktu di perusahaan lain hehe. Setelah kita selesai tiba HRnya langsung umumin kalo HR Interviewnya adalah besok.

4) HR Interview ( 25 September 2013)
  Naah kebetulan HR Interviewnya barengan sama gue Director Interview di Nestle. Untunglah bisa tukeran jadi gue dapat jadwalnya sore. HR Interviewnya with english dan berlangsung cukup seru, kebetulan waktu itu gue diinterview sama Recruitmen Managerenya. Katanya kalau lolos akan dihubungi sekitar 2 mingguan gitu.

5) User Interview ( 31 Oktober 2013)
Setelah nunggu sekitar 3 mingguan dan sempat berpikir kalo gue gak lolos, tiba-tiba HR CCA nelfon dan mengundang gue untuk Interview sm Regional Sales Manager gitu. Deg-degaan bgt pastinya soalnya kan punya pengalaman failed gitu hiks. Lucunya waktu persiapan buat interview ini, gue banyak minta advice sm Rico sahabat gue dikuliah. Eh ternyata pas hari Hnya malah ketemu haha such a coincidence! Interviewnya cuma sekitar 25menitan, awalnya English tapi setelah itu ngobrol pake bahasa Indonesia gitu.

Nah setelah user interview hampir ga ada kabar lagi, terus pas gue ngecek kaskus ternyata orang yang barengan User Interviewnya sm gue udah medcheck. Yasudahlah ya pupus lagi harapan <\3
Eh tapi tiba-tiba pertengahan November ada email lagi yang isinya gue harus interview sama user yang sama itu.

6) Another User Interview ( 20 November 2013)
 Ini adalah interview gue pertama kali yang diadain di cafe haha iya jadi interviewnya di Coffe Bean PIM gitu mungkin karena casual interview kali yah. Di interview ini ada 5 orang yg diconsider untuk masuk jadi GTP CCA tapi cuma 1 yang akan dipilih. Usernya ini pengen diyakinkn bahwa gue adalah orang yang tepat buat dia pilih. Well, i've done my best. Tapi gue mengakui ada situasi yang membuat gue tidak terlalu fleksibel untuk jadi bagian tim Salesnya CCA. Satu hal yang sangat gue respek dari Bapak AS ini adalah dia menghargai gue, he said that he sure that i'm capable for this position. Tapi dia ngaku kalo dia butuh yang lebih fleksibel hehe, thats okay sir :)

Itulah perjalanan gue dalam rekrutmen CCA, yah emang sampe sekarang belum dapat Thank You Letter sih.
But i've already got the ( i wish ) right one job ! See you on another post :)


You Might Also Like

5 comments

  1. assalamualaikum kak. mau tanya, dulu kaka apply nya program apa? sales general trade bukan kak?
    dan pas HR interview dan User interview lebih ditanya nya ttg apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Waalaikumsalam, dulu pas aku apply nama programnya itu Coca Cola Graduate Trainee Programs dan aku ambilnya yang Commercial. Hmm pas HR interview itu kebanyakan soal SWOT kita lalu juga pengalaman organisasi dan lain lain. Goodluck yaa kamu :)

      Delete
  2. Pengalaman yang menarik, saya keburu ditolak sebelum aply gtu. Rodo khawatir sama Penampilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan berhenti sebelum berjuang hehe

      Delete
  3. Halo, kak Ifa salam kenal. Aku mau tanya kak LGD nya itu bentuk duduknya kan melingkar, dan saat diskusi tetap ada notulen dan moderatornya kan kak ? karena terus terang aku belum pernah ikut LGD. dan denger - denger lagi ada yang cerita kalo LGD nya itu sampe pake analisis SWOT ya kak? dan itu seperti simulasi united nation model kah? maklum baru pertama kali dan kebetulan aku ikut gtp coca cola amatil melalui karir.com, pertama lengkapi form yang ada di form tsbt, dan ikuti tes kepribadian sama tes ringkas bahasa inggris dari EF, dan bulan lalu dipanggil lagi untuk ikut interview melalui video rekaman kak. minggu lalu aku sempet dapet telfon lagi dari pihak karir.com, namun saat itu lagi ga stand by di tempat, akhirnya aku berusaha untuk telfon balik ke karir.com, dan saat diminta konfirmasinya, kata karyawan dari pihak sana kemungkinan itu ada panggilan untuk LGD, dan nanti akan dihubungi lagi untuk memastikan. jadi aku mau prepare aja untuk LGD nya apabila benar berlanjut. oiya kak, saat selesai LGD apabila bisa berlanjut ke tahap selanjutnya langsung ikut tes GAT ya kak? Tipe tesnya seperti apa ya kak? apa seperti tes potensi akademik? dan menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris kak untuk tes GAT nya? oiya, dan satu lagi apakah penempatan posisi untuk semua jurusan apabila sudah sampai tahap user interview selalu ditempatkan di posisi untuk menjadi sales ya kak?

    Terima Kasih, ya kak udah share segalanya untuk GTP coa cola company, dengan begitu aku lega ada yang share beberapa pengalamannya mengikuti tahap ini. Dan maaf sebelumnya, aku nanya terlalu banyak hihi. sekali lagi, thank you so much kak :)

    ReplyDelete

Proud To Be Part Of

My Ultimate Support System

My Ultimate Support System

I'M PART OF

Blogger Perempuan